SCROLL

HARUSKAH SAYA MENJUAL ATAU MENYEWAKAN APARTEMEN, MANA YANG LEBIH MENGUNTUNGKAN?



Anda telah menemukan apartemen impian Anda, tetapi Anda tidak yakin apakah harus menjualnya untuk membeli apartemen yang baru dan menjualnya kembali sebagai tujuan investasi jual-beli, atau Anda perlu menyewakannya agar bisa mendapatkan pemasukan rutin ?


Tidak ada jawaban yang salah dan benar dari pertanyaan ini, tapi ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda ingat.


#1 Mari kita lihat dari sisi keuntungan


Yang paling menarik dari bisnis properti, khususnya apartemen adalah bahwa harganya terus mengalami peningkatan setiap tahun, bahkan nyaris tidak terpengaruh oleh fluktuasi ekonomi.

Tentu saja, naiknya harga jual apartemen juga diimbangi oleh harga sewanya yang juga ikut naik.

Jika Anda berencana menjual apartemen dikarenakan ingin cepat mendapatkan keuntungan yang besar, atau membutuhkan dana besar untuk kebutuhan darurat, saya pikir menjual apartemen adalah opsi yang tepat untuk Anda.


Tetapi jika bukan karena alasan tersebut, opsi menyewakannya adalah pilihan yang lebih menguntungkan karena Anda akan menerima pemasukan rutin dari apartemen yang Anda sewakan setiap tahunnya. Bagusnya lagi, seiring berjalannya waktu dan harga sewa meningkat, arus kas Anda secara keseluruhan juga akan meningkat.


#2 Proses dan lamanya waktu apartemen terjual atau tersewa


Pertama, waktu yang dibutuhkan untuk menjualnya realtif lebih lama, karena melibatkan nilai transaksi yang besar hingga ratusan juta, bahkan miliaran rupiah.


Kedua adalah proses jualnya agak ribet, karena perlu melibatkan pihak notaris untuk mengurus segala dokumen yang diperlukan dalam proses jual-beli, seperti pembuatan akta jual beli (AJB).

Sementara proses sewa apartemen biasanya relatif lebih mudah dan cepat. Anda juga tidak memerlukan jasa notaris untuk mengurus dokumen, karena biasanya yang dibutuhkan dalam proses sewa apartemen hanya berupa surat kontrak atau perjanjian antara pihak penyewa dan pemilik saja.


#3 Biaya yang timbul karena menjual atau menyewa apartemen


Perlu Anda ketahui bahwa dalam proses jual-beli apartemen itu tidak terlepas dari banyaknya biaya-biaya untuk mengurusnya.

Biasanya biayanya terbagi menjadi dua, yaitu biaya yang harus dibayarkan ke negara atau pemerintah dareah dan juga biaya untuk pihak Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) atau yang biasa kita sebut notaris.


Diluar 3 hal tersebut, tentunya Anda juga harus pertimbangkan kembali beberapa hal penting yang menunjang lakunya unit yang akan Anda jual atau sewakan, seperti Lokasi, Fasilitas, Keamanan dan juga Akses Mudah. Salah satunya adalah Superblok Lumina City, yang terdiri dari Apartemen, Ruko, Mall dan Hotel ini memiliki lokasi yang berada tepat di Kota Tangerang, yangmana dilalui oleh 3 akses tol yaitu Tol Tangerang, Tol Karawaci, dan Tol Bitung.


Selain kemudahan lokasi strategis, apartemen Lumina City juga menyajikan berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik unit apartemen seperti sarana olahraga, tempat berkumpul outdoor, coworking space dengan fasilitas cafe di dalamnya. Fasilitas tersebut berada di dalam satu kawasan superblok, sehingga dapat memudahkan Anda mendapatkan kebutuhan tanpa harus menempuh jarak yang jauh dari hunian.


Segera miliki unit apartemen Lumina City, dan mau tau informasi lainnya tentang apartemen Lumina City ? Yuk hubungi Marketing gallery Lumina City 021-59710888. Selama Pandemi Covid-19 ini kami buka setiap hari dari pukul 12.00 – 17.00 tapi kami menyarankan agar Anda dirumah saja, pilih unit kami lewat video call dan pembayaran booking fee cukup lewat transfer Bank saja. Marketing Galery Lumina City, Jl. Gatot Subroto Km. 4 No. 700, Cibodas – Tangerang.


Lumina City Celebrating live & Play, Superblok terbesar di Tangerang Kota terdiri dari Apartemen, Mall, Ruko & Hotel. Untuk informasi lebih lanjut hubungi Marketing Galery Lumina City 021-59710888 dan follow FB @Lumina City, Twitter @LuminaCity, Instagram @lumina.city