SCROLL

MASJID JAMI KALIPASIR JADI OBJEK WISATA RELIGI & SIMBOL KEHARMONISAN BERAGAMA DI TANGERANG



Ketika berkunjung ke Tangerang untuk berwisata kuliner di Pasar Lama, tentunya Anda juga akan melihat bangunan dengan dominasi cat berwarna hijau yang berdiri di pinggir jalan Sungai Cisadane. Sekilas seperti mushola, namun kenyataannya bangunan ini adalah masjid yang kental akan sejarah dan menjadi saksi bisu toleransi umat beragama di Tangerang.


Masjid ini bernama Jami Kalipasir yang didirikan pada 1576 Masehi sebagai tempat ibadah dan berdiam diri seorang pembawa ajaran Islam di Kota Tangerang. Pada area masjid yang didominasi cat warna hijau ini juga terdapat makam sejumlah tokoh penyebar agama Islam. Selain itu, masjid ini sudah hampir 400 tahun berdampingan dengan Kelenteng Boen Tek Bio.


Di depan lokasi masjid, terdapat sejumlah makam, sembilan pasang nisan dengan ukuran berbeda-beda dan itu adalah makam keluarga kerajaan. Dilansir dari okezone.com, Syairodji selaku ketua dewan penasehat masjid kalipasir mengatakan bahwa yang jelas itu adalah makam orang-orang dari keluarga kerajaan. Sebenarnya mereka juga tadinya diperintahkan untuk mendirikan kerajaan, memang karena mereka ini ulama jadi malah mereka senang dan lebih memilih menyebarkan agama Islam.


Makam di masjid jami Kalipasir ini pun sering didatangi para penziarah yang ada di Indonesia, biasanya masyarakat Banten. Bangunan di masjid ini memiliki ornamen bercorak Tionghoa dalam bentuk pagoda di atap kubah masjid berwarna emas. Inilah yang sering disebut sebagai bentuk harmonisasi antaragama dan etnis yang berdampingan di wilayah tersebut.


Masjid Jami Kalipasir berdiri di daerah pemukiman warga Etnis Tionghoa dan pemukiman penduduk yang rata-rata beragama Islam. Menurut Syairodji, adanya hal tersebut, sejauh ini tidak pernah menyulut konflik. "Ya seperti yang agama kita bilang aja lah, untukmu agamamu dan untukku agamaku. Jelas toleransi mah pasti, enggak ada lah konflik, agama kita juga mengatur soal toleransi itu," ucap Syairodji.


Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjungi masjid yang memiliki nilai sejarah ini ? Lokasi masjid dapat ditempuh selama 10 menit dari Lumina City. Superblok yang berada di jalan Gatot Subroto km 4 no.700 terletak di jalan utama dan lokasi tersebut memiliki banyak pilihan transportasi untuk anda yang ingin mengunjungi masjid bersejarah di Tangerang ini.


Tertarik untuk membeli unit apartemen di Lumina City? Hubungi Marketing gallery Lumina City 021-59710888. Selama Pandemi Covid-19 ini kami buka setiap hari dari pukul 12.00 – 17.00 tapi kami menyarankan agar Anda dirumah saja, pilih unit kami lewat video call dan pembayaran booking fee cukup lewat transfer Bank saja. Marketing Galery Lumina City, Jl. Gatot Subroto Km. 4 No. 700, Cibodas– Tangerang.


Lumina City Celebrating Live & Play, Superblok terbesar di Tangerang Kota terdiri dari Apartemen, Mall, Ruko & Hotel. Untuk informasi lebih lanjut hubungi Marketing Gallery Lumina City 021-59710888 dan follow FB @Lumina City, Twitter @LuminaCity, Instagram @lumina.city