SCROLL

TIPS BERINVESTASI PROPERTI BAGI PEMULA



Masa muda ialah masa berjuang untuk meraih cita-cita, salah satunya adalah memiliki properti baik itu berupa rumah, kendaraan dan sebagainya. Keberhasilan meraih properti pertama mereka adalah momen paling dinanti. Oleh karena itu, perlu mengatur strategi yang tepat untuk berjuang mencapai impian itu.

Namun, ketahuilah bahwa jangan mengambil langkah terburu-buru karena banyak hal yang harus dipelajari sebelum membeli suatu properti. Belum lagi Anda harus mengetahui berbaai proses panjang yang harus dilewati. Selain itu, perhatikan juga cara pembayaran yang akan dipilih.


Jadi, ada sejumlah pelajaran yang harus dikuasai terlebih dahulu sebelum meraih properti pertama kali. Untuk memudahkan Anda, berikut langkah jitu berinvestasi properti bagi pemula :


1. Cek harga pasar

Jangan buru-buru dalam membeli properti pertama. Banyak hal yang harus ditinjau lebih dulu, seperti harga pasar. Anda harus mengetahui dahulu harga pasaran properti yang akan dibeli. Ini bisa dicari melalui online atau riset pasar secara langsung. Dengan begitu, Anda dapat menentukan harga terbaik dari properti pertama yang akan dibeli.


2. Pemilihan Lokasi

Banyak orang yang memutuskan untuk membeli properti seperti rumah atau apartemen karena lokasinya strategis. Seperti berada di jalan utama, transportasi yang mudah, dekat dengan pusat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah dan ain sebagainya. Lokasi yang strategis akan mempengaruhi harga jual nantinya.


3. Ketersedian Fasilitas

Ketahui juga fasilitas apa saja yang disediakan oleh pengembang. Sebaiknya Anda juga melakukan survei lokasi. Perhatikan dengan baik fasilitas internal dan fasilitas eksternal yang disediakan oleh pengembang.


Fasilitas internal antara lain tempat ibadah, arena olahraga, kawasan bermain, standar infrastruktur yang ada, gerbang perumahan dan sebagainya. Sedangkan fasilitas eksternal merupakan fasilitas yang ada di sekitar kawasan tersebut, seperti pusat perbelanjaan, kantor, sekolah, rumah sakit dan lain-lain.


4. Kesediaan Dana

Biaya pembelian properti yang menjadi kewajiban pembeli, antara lain:

Uang Tanda Jadi – biasanya ditentukan oleh para pengembang. Namun jika membeli properti tidak melalui pengembang, melainkan pasar sekunder, maka uang tanda jadi ini dapat ditentukan oleh penjual properti. Uang tanda jadi merupakan bentuk kejelasan Anda membeli proprti, seperti halnya biaya booking atau pemesanan.


Uang Muka – Kewajiban selanjutnya setelah tanda jadi ialah melunasi uang muka jika membeli kepada pengembang. Sedangkan jika melalui pasar sekunder, besarnya uang muka berkisar antara 20 - 50% dan ini umumnya ditentukan oleh pihak bank yang bersangkutan. Angsuran – idealnya besar tiap angsuran tidak lebih dari sepertiga gaji Anda sendiri atau bersama pasangan.


Itulah hal-hal yang perlu diketahui jika Anda sebagai pemula ingin berinvestasi di properti. Tertarik untuk survei kawasan Lumina City & ingin melihat show unit nya? Yuk Yuk kunjungi marketin gallery Lumina City di jl. Gatot Subroto Km.4 No.700, Cibodas – Tangerang. Kami buka setiap hari pukul 08.00 – 20.00


Lumina City Celebrating Live & Play, Superblok terbesar di Tangerang Kota terdiri dari Apartemen, Mall, Ruko & Hotel. Untuk informasi lebih lanjut hubungi Marketing Gallery Lumina City 021-59710888 dan follow FB @Lumina City, Twitter @LuminaCity, Instagram @lumina.city